Merantau kuliah ke Semarang (Nggak nyangka!!)

02.49

Setelah vakum 2 tahun, malam ini saya membulatkan tekad, memutuskan untuk balik lagi ke dunia blogging.

Kali ini saya bakalan menuliskan beberapa cerita, perubahan, pengalaman setelah setahun menjadi perantau. Jauh dari rumah, sering kangen, tapi males pulang juga .

Jujur aja, dulu milih Undip itu buat iseng-iseng doang. Diisi di tengah-tengah sesuai urutan passing grade, dibikinnya pun cuma buat menuhin kuota 3 pilihan SBMPTN.

Awalnya konsultasi ke ummi, terus beliau milih Semarang gara-gara pingin saya jadi alus kayak orang Jawa Tengah (maklum ummi udah bosen punya anak pecicilan kayak saya, hehe). Di Semarang juga banyak makanannya, jadi insyaAllah hidup saya terjamin, hahaha.

Pas diterima, dulu saya senengnya bukan main karena diluar ekspetasi banget. Tapi itu bertahan hanya 6 jam. Setelah itu malah shock. Baru nyadar kalo Kediri-Semarang itu jauh, naik mobil 6 jam kalo ngebut, 10 jam kalo kalem, 1 bulan kalo jalan kaki.

Ummi langsung bilang kalo bakalan sambang sebulan sekali, meskipun ternyata itu hanyalah angan-angan belaka para pembaca. Hahaha...

Pun di sini realitanya tidak sesuai. Saya justru bersahabat dengan orang-orang yang nggak ada kalem-kalemnya. Mulai dari gadis Batak Medan yang ngomongnya kayak emosi mulu, orang Kudus-Jepara-Semarang-Banjar yang heboh nan rempong macam ibu-ibu arisan, sampai orang Subang yang suka hiperbola. Bisa dibilang saya malah termasuk paling pendiam.

Urusan makanan ternyata juga susah. Di Semarang kebanyakan memiliki rasa dominan manis, dimana kebalikan dari Kediri yang seleranya gurih pedas. Sampai sekarang pun lidah saya masih belum cocok dengan makanan Jawa Tengah. Jalan keluarnya ya ke mana-mana saya sering bawa garam, atau lebih amannya masak sendiri (kalo nggak pas mager, itu pun jarang.. banget).

Tapi kalo ditanyain, nyesel nggak milih Semarang?

BIG NO NO!

Banyak banget pelajaran berharga yang saya dapetin di sini. Sendirian di kota orang, memaksa saya buat belajar mandiri. Meskipun itu bukan hal yang susah karena di rumah udah dibiasain ngapa-ngapain sendiri, cuman kalo di Semarang jadi lebih greget. Karena saya bener-bener sendiri.

Saya banyak belajar ilmu kehidupan di sini. Apalagi didukung jurusan saya, jadi tau tips and trick berharga yang dosen kasih disela-sela perkuliahan, dan pas banget buat diterapin sehari-hari. Hasilnya? Saya yang dulunya introvert garis keras, sekarang jadi cenderung extrovert kebablasan, hahaha.

Dulu yang nggak pernah ikut ekstrakurikuler, sekarang malah hobi ikut organisasi sama kepanitiaan. Ummi sampai sering komplain anaknya kok susah ditelpon. Maapin anaknya mik, suka lupa nggak bawa hape juga :')

Tapi bukan berarti saya tidak terkena homesick sama sekali. Setiap malam, apalagi setelah dihubungi ummi, perasaan rindu selalu meledak. Setiap malam, pingin pesen tiket kereta buat balik ke Kediri.

Penyesuaian diri dari kultur keluarga religius ke lingkungan heterogen pun memunculkan beberapa kendala pada awalnya. Dulu sering mikir kalo saya lebih nyaman dengan keadaan di Kediri.

But, kemudian saya kembali merenung. Kalo saya nggak belajar srawung, gimana saya bisa memahami kehidupan mereka, gimana saya bisa belajar hidup berdampingan dengan orang yang berbeda. Well then, I have to survive. Saya harus banyak belajar, belajar dan belajar. Salah satunya, belajar untuk keluar dari zona nyaman.

Then, here I am. Seorang mahasiswi tingkat dua, yang kadang masih suka ngarep jarak Semarang-Kediri bisa deketan. Hahaha.

Sekian..
Maafin tulisan yang masih perlu banyak pembenaran. Cuman saya juga paham, kalo dikoreksi mulu bakal kagak bisa diposting. Kayak tulisan-tulisan sebelumnya yang awet aje di draft.


You Might Also Like

2 komentar

  1. Tulisannya bagus kok kak, aku bahkan pengen sekali merasakan jadi anak rantau hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you :) Semoga keinginannya terwujud yaaa, kalaupun nggak, ada seribu jalan buat mengembangkan diri kok, nggak harus ngerantau. Semangat!

      Hapus