Being Nice Cost You Nothing

01.33


Ini mungkin salah satu hal sensitif untuk saya tulis, tapi saya tau ini penting untuk dishare.

Saya punya beberapa teman yang depresi dan ingin melakukan bunuh diri. Pasti banyak yang berpikir, "Kayak nggak punya Tuhan aja, makanya ngaji, percaya sama Tuhan. Dosa, neraka seumur hidup! "

I was like that as well. But, peristiwa ini merubah cara pandang saya. Karena salah satu dari mereka, adalah orang yang sangat religius. So, ternyata depresi bisa datang kepada siapa saja, tanpa pandang bulu.

Saya tau teman2 saya ini berada dalam bahaya, saya pun melakukan konsul dengan dosen dan yang orang2 yg pernah mencegah maupun mengalami. 

Kesimpulannya,
"DON'T JUDGE THEM! Semakin dihakimi, keputus asa-an dan keinginan mereka untuk bunuh diri semakin besar. Percayalah, depresi yang mereka rasakan benar-benar hebat.
Pun bukan nasehat yang mereka butuhkan. Tapi dengarkan mereka. Jadi rekan bicara yang baik dan beri perhatian. Cari tahu latar belakang kesedihan nya. Dengarkan dan perhatikan setiap kata yg diucapkan.
Kemudian beri semangat untuk terus bergerak, yakinkan kalau mereka tidak sendirian."

Meskipun praktik nya tidak semudah nulis kata2 di atas, sedikit demi sedikit tapi pasti, usaha pencegahan bersama teman2 yang lain memunculkan perubahan. Dan Alhamdulillah, semuanya memutuskan untuk terus bertahan hidup.

Teman saya yang religius tadi, meskipun sempat terjebak, akhirnya kembali ke arah yang lebih baik. Sekarang malah hobi banget bikin jarkoman sholat malam dan ngajakin sholawatan di grup, hahaha.

Lama tidak bersua, kemudian suatu hari saya disapa oleh salah seorang yang lain, yang ternyata sedang melanjutkan studi di Jogja.

"Makasih ya udah nyelametin aku.", ucapan pertama dari orang tersebut. Dan setelah ngobrol lama, yang bikin saya takjub, sekarang dia jadi salah satu aktivis mahasiswa di bidang pendidikan. Pas ditanya kenapa, jawabnya, "aku dulu udah diselametin sama kalian. Sekarang ganti aku pingin nyelametin temen2 yang lain."

Don't judge. Itu yang paling penting. Karena setiap manusia selalu punya alasan tersendiri dalam bertindak, yang mungkin masalah dan kondisi nya berbeda dengan kita.

Apresiasi kerja keras orang yang ada di sekeliling. Saya pernah baca di twitter ada yang nulis begini, "Penting banget kasih tau kalau 'you did a great job' karena semua orang butuh dengerin dan tau itu, biar bisa istirahat, biar 'stop being too hard on theirselves'."

Paling gampang, selalu bilang terima kasih dan kasih semangat. Kita nggak tahu jatuh bangun sebesar apa yang mereka rasakan.

:))

You Might Also Like

0 komentar